Twitter
RSS

STRATEGI APA YANG BISA KITA LAKUKAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER BANGSA INDONESIA ?????

Dengan memperhatikan faktor – faktor diatas maka penulis akan mencoba memaparkan hal-hal yang harus kita lakukan untuk membangun karakter bangsa Indonesia, yang paling utama yakni kita harus membina Nasionalisme dalam rangka mewujudkan persatuan bangsa Indonesia dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia .Dalam hal ini kita dapat melaksanakan program sebagai berikut :

1. Mempersatukan potensi perbedaan/keragaman bangsa Indonesia, artinya kita menjadikan perbedaan/keragaman bangsa Indonesia sebagai modal untuk membangun karakter bangsa Indonesia, sehingga kita bersatu ditengah-tengah perbedaan, berusaha mengakui perbedaan dan memperbesar kesamaan agar terhindar dari perpecahan, streteginya bisa dengan mengembangkan komunikasi dan dialog secara menyeluruh dan berkesinambungan, menyelesaikan konflik sosial secara damai,demokratis, manusia, adil dan religious dan menggalakan kegiatan peduli sosial kemanusiaan serta pembangunan yang merata diseluruh wilayah tanah air.

2. Memasyarakatkan pemahaman dan penghayatan terhadap alat/lambang pemersatu bangsa Indonesia seperti kita menghormati, menghayati bendera merah putih, lagu kebangsaan Indonesia raya, lambang negara garuda Pancasila serta semboyan bhineka tunggal Ika .

3. Mengembangkan serta membiasakan perilaku Nasionalisme oleh semua komponen bangsa dari pejabat sampai ke rakyat seperti membina keserasian, keselarasan dan keseimbangan dalam mensikapi masyarakat Indonesia yang majemuk/keragaman, saling mengasihi,tidak menonjolkan perbedaan melainkan mencari kesamaan, cinta lingkungan, mengembangkan kerjasama antar warga,lingkungan dan pemerintah, serta menjauhi pertentangan dan perkelahian.

4. Menegakkan supremasi hukum dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga keadilan dan ketertiban bangsa dapat terwujud.

Demikian pemaparan penulis,semoga kita menjadi bangsa yang memiliki karakter yang kokoh agar Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap menjadi bangsa yang dihargai keberadaannya oleh bangsa lain didunia ini ,semua ini sekarang menjadi tanggung jawab kita para pelajar, pemuda, mahasiswa dan segenap generasi muda untuk mempertahankan dan senantiasa membangun karakter bangsa Indonesia ditengah-tengah keragaman bangsa kita, Semoga senantiasa Allah S.WT. melindungi bangsa Indonesia .Amin.

Comments (12)

bener gan strategi di atas pasti ampuh

artikel di atas menyadarkan saya untuk sesegera membangun karakter bangsa ini agar bangsa ini menjadi maju

bagus gan, bisa jadi motivasi kita untuk membangun karakter kita sebagi pecinta tanah air

strategi di ats sangat berguna bagi kita semua

khusunya saya sebagai generasi muda

keep posting gan !!!

ayo generasi muda indonesia bangun karakter bangsa indonesia

merdeka gan !!

bangsa yang kuat adalah bangsa yang memiliki karakter yang kuat !!

nice artikle gan !!

indonesia punya modal yang besar untuk maju yaitu keragaman budayanya

indonesia punya modal yang besar untuk maju yaitu keragaman budayanya

indonesia kaya akan budaya kekayaan budaya itu bisa dijadikan cara untuk membuat bangsa ini besar

nice artikel gan !!!

keep posting gan !!

semoga indonesia bisa menjadi bangsa yang besar dan maju

setuju gan,,,,,,
dengan adanya artikel kamu ini,bisa menyadarkan kita betapa pentingnya membangun karakter bangsa, maka semua komponen bangsa harus memiliki komitmen untuk mendukung dan melaksanakannya.

Posting Komentar