Twitter
RSS

Keanekaragaman Budaya Bangsa sebagai Modal Utama Pembangunan

Seperti yang sedang dan telah kita alami dalam 10 tahun terakhir ini bangsa Indonesia terkena krisis multidimensi yang diawali dengan krisis ekonomi, krisis politik, krisis kepercayaan bahkan krisisis moral hal ini terjadi seringkali karena salah satu penyebab tidak terlaksananya pembangunan karakter bangsa dengan baik.

Membangun karakter bangsa memang bukan hal yang mudah dan tidak semudah membalikan telapak tangan. Tetapi bisa dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat yang jeli akan kondisi bangsa itu sendiri sehingga mampu memanfaatkan berbagai faktor yang dimiliki oleh bangsa itu sendiri dan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi pembangunan karakter bangsa adalah keanekaragaman budaya bangsanya

Bangsa Indonesia merupakan salah satu bangsa di dunia yang memiliki kekayaan budaya yang sangat banyak dan dengan semboyan bhineka tunggal ika nya diharapkan keanekaragaman budaya tersebut bisa di gunakan sebagai modal utama untuk melakuka pembangunan.

Dengan keanekaragaraman budayanya Indonesia dapat dikatakan unggul dari Negara lain. Indonesia mempunyai potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi. Dan tak kalah pentingnya, secara sosial budaya dan politik masyarakat Indonesia mempunyai jalinan sejarah dinamika interaksi antar kebudayaan yang dirangkai sejak dulu

Tapi keanekaragaman itu tidak akan bisa menjadi modal pembangunan bila tidak bisa di kelola dan dilestarikan dengan baik. Maka dari itu di butuhkan peran dari semua lapisan masyarakat untuk menjaga dan melestarikan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Comments (0)

Posting Komentar