Twitter
RSS

Faktor Apa Saja Yang Perlu Kita Perhatikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Indonesia ???

Diatas telah penulis uraikan bahwa karakter suatu bangsa tidak akan lepas dari identitas bangsa itu sendiri yang bisa diketahui dari latar belakang terbentuknya bangsa tersebut.Dalam uraian berikut penulis akan mencoba memaparkan identitas bangsa Indonesia yang telah kita miliki sejak bangsa ini terbentuk . Identitas yang penulis maksud diantaranya adalah :

1. Bangsa Indonesia memiliki Pancasila sebagai ideologi bangsa, menurut perumus Pancasila Ir. Soekarno mengatakan bahwa Pancasila digali dari bumi Indonesia artinya bahwa nilai-nilai yang ada dalam Pancasila bersumber dari tata nilai budaya bangsa Indonesia, sehingga jauh sebelum bangsa ini merdeka nenek moyang kita sudah memiliki karakter hidup yang sekarang terkandung didalam Pancasila, oleh karenanya nilai-nilai Pancasila merupakan kepribadian yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain didunia ini.Semua aspek kehidupan telah terakomodasi dalam Pancasila, tinggal bagaimana kita melaksanakannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila menginginkan keseimbangan antara lahir dan bathin, dunia dan akherat,kepentingan individu dan masyarakat. Pancasila merupakan ideologi terbuka yang senantiasa berinteraksi secara dinamis dengan kemajuan jaman sepanjang itu tidak bertentangan nilai-nilai yang dimilikinya, itulah sebabnya Pancasila sebagai identitas bangsa Indonesia sekaligus harus dijadikan karakter bangsa Indonesia dalam mengarungi kehidupan berbangsa dan bernegara.

2. Bangsa Indonesia memiliki alat dan lambang yang mampu mempersatukan bangsa yang juga menjadi identitas bangsa Indonesia yakni seperti yang telah tercantum dalam UUD 1945 yaitubahasa Indonesia, bendera merah putih, lagu kebangsaan Indonesia raya, dan lambang negara garuda Pancasila yang menggenggam semboyan bhineka Tunggal Ika yang merupakan pengakuan terhadap perbedaan yang ada pada bangsa kita namun tetap harus memiliki integritas untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

3. Kekayaan budaya bangsa Indonesia yang beraneka ragam adalah merupakan faktor yang harus diperhatikan dalam membangun karakter bangsa Indonesia, artinya keragaman budaya bangsa Indonesia harus dijadikan sebagai modal untuk membangun karakter bangsa Indonesia dibawah semboyan bhineka Tunggal Ika kita harus mempu bersatu ditengah-tengah-tengah perbedaan yang ada, sehingga keragaman budaya sesungguhnya merupakan potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia untuk membangun karakter bangsa ini, dengan demikian bangsa Indonesia tetap berdiri kokoh ditengah gelombang perkembangan jaman yang begitu pesat sekarang ini, kita harus tetap memiliki identitas dan kepribadian serta karakter bangsa Indonesia yang kokoh ditengah-tengah bangsa lain didunia ini dengan tidak mengabaikan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sebab memiliki kepribadian bangsa Indonesia bukan berarti kita menutup diri dari gelombang kemajuan IPTEK, sepanjang itu tetap untuk mengembangkan budaya nasional.

4. Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan teknologi serta pengaruh globalisasi, membangun karakter serta kepribadian bangsa harus tetap mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta bersikap positif terhadap era globalisasi agar kita terhindar terhadap pengeruh negatif dari era globalisasi.

Comments (3)

sebenarnya klw emang mau generasi muda di indonesia bisa memajukan bangsa ini ke arah yang lebih baik

benar sekali faktor di atas bisa di gunakan untuk membangun karakter bangsa ini
apa lagi jika di barengi dengan keinginan yang kuat dati generasi mudanya

Mantab lanjutkan artikel berkualitas berikutnya sob
http://gubugteknologi.blogspot.com

Posting Komentar