Twitter
RSS

APA ITU KARAKTER ???

Ada pepatah mengatakan bahwa kita hidup harus memiliki karakter yang kuat agar tidak mudah goyah disaat badai menerpa kehidupan kita. Apa itu karakter ????

Karakter dapat diartikan perangai atau sifat yang kemudian menjadi ciri atau identitas diri yang mampu membedakan dengan yang lainnya, misal nya karakter seseorang itu ramah, santun ,jujur, peduli dan sebagainya, jadi karakter bangsa adalah merupakan perangai atau sifat suatu bangsa yang biasanya telah turun-temurun serta timbul dan berkembang dalam kehidupan bangsa itu sendirin , bagaimana karakter bangsa Indonesia yang harus kita tanamkan dalam seluruh warga negara dan bangsa Indonesia agar bangsa Indonesia mampu menjadi b angsa yang berkarakter yang kokoh dalam menapaki kehidupan berbangsa, dan bernegara.Untuk mengetahui bagaimana karakter bangsa Indonesia kita harus mempelajari dan memahami identitas bangsa Indonesia, karena pada akhirnya suatu karakter itu akan menjadi identitas diri/bangsa atau sebaliknya kita mengetahui identitas dari karakter bangsa. Untuk mengetahui identitas suatu bangsa kita harus memahami sejarah terbentuknya suatu bangsa. Ada beberapa faktor yang dipekirakan dapat menjadi pembentukan identitas bersama suatu bangsa yaitu primodial, sakral, tokoh, bhineka tunggal Ika, konsep sejarah, dan kelembagaan ( Surbakti, 1992).Dalam hal ini dapat penulis jelaskan :

- Faktor primordial adalah ikatan kekerabatan,darah,keluarga kesamaan suku,daerah,adat yang dapat membentuk suatu bangsa, yang kemudian akan menjadi karakter bangsa itu sendiri.

- Faktor sakral yakni kesamaan agama, ikatan ideologi dalam masyarakat dapat juga membentuk suatu bangsa.

- Faktor tokoh/kepemimpinan yang disegani dan dihormati sehingga menjadi panutan masyarakat dan masyarakat mengidentifikasikan dirinya kepada sang pemimpin,misalnya tokoh Soekarno-Hatta untuk bangsa Indonesia.

- Faktor sejarah yakni persepsi yang sama tentang asal-usul yang melahirkan solidaritas,senasib sepenanggungan yang menjadi identitas suatu bangsa.

- Faktor bhineka Tunggal Ika yang merupakan prinsip untuk bersatu dalam perbedaan, sehingga dapat menunjukkan karakter suatu bangsa.

- Faktor kelembagaan yakni yang berperan dalam proses pembentukan suatu bangsa seperti lembaga pemerintah, politik misalnya birokrasi, angkatan bersenjata yang mampu mempersatukan bangsa dan menjadi identitas suatu bangsa.

Comments (2)

karakter memang di butuhkan oleh semua orang

nice artikel teman

maksih gan artikelnya ngebantu ane buat bikin tugas ane

Posting Komentar